I Am

Guru Pembelajar sebagai Guru Ideal





Guru Pembelajar sebagai Guru Ideal



Tangga 27 Juli kemarin Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI mempunyai pimpinan baru yakni Prof. Muhadjir Effendy yang telah menggantikan Menteri sebelumnya yaitu Bapak Anies Baswedan. 21 bulan kebersamaan dengan pak Anies telah meninggalkan  warisan berupa program yang mendukung generasi  Indonesia emas seperti Gerakan Literasi Sekolah, dihapuskannya perpeloncoan di awal sekolah, revisi kurikulum 2013, program mengantar anak di hari pertama sekolah sampai program Guru Pembelajar dan masih banyak program lainnya.
Dalam kesempatan ini penulis hanya ingin memaparkan kriteria Guru pembelajar menurut Pak Anies Baswedan dalam video sambutannya pada waktu peluncuran program tersebut. Menurut beliau guru sebagai pengajar dan pendidik harus terus belajar sepanjang hayatnya dan terus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya selama mereka berprofesi sebagai pendidik.
Alasan lainnya kenapa guru harus terus belajar antara lain karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut guru harus terus belajar beradaptasi dengan hal-hal yang berlaku saat ini. Alasan lainnya adalah karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru.
            Guru pembelajar adalah guru ideal yang selalu upgrade kemampuanya setiap saat dan dimanapun. Mereka tidak pernah puas untuk terus menggali potensi dirinya juga anak didiknya untuk mengembangkan dirinya. Guru pembelajar akan selalu memanfaatkan lokasi dimanapun, waktu kapan pun, dengan apa dan siapapun untuknya belajar. Alasannya karena jika guru terbuka dengan kebaruan dan mau mengubah diri kita menjadi lebih baik maka anak-anak kita akan mengikuti dan meniru apa yang akan kita kerjakan sebagai guru.
Kriteria lainnya yaitu guru datang untuk mencerahkan, membuka wawasan dan memanggil anak untuk belajar dan berbuat. Guru tidak hanya sekedar mengajar tetapi mereka mendidik, menginspirasi bahkan sampai menggerakkan. Guru juga harus mampu membuka perspektif dirinya dan juga anak didiknya dengan mau belajar ilmu terbaru, teknik terbaru dan perkembangan ilmu pengetahuan terbaru.
Bapak dan Ibu guru mendapat kehormatan karena pada merekalah dititipkan persiapan masa depan negara ini. Tidak banyak profesi yang memiliki dampak sangat besar pada wajah masa depan Indonesia. Guru adalah futureulog yang menyaksikan wajah masa depan tiap hari di ruang kelas.
Bapak Anies mengajak para guru untuk menjalankan tugas mulia sebagai guru ini dengan sebaik mungkin dan penuh kesadaran juga dedikasi tinggi salah satunya dengan menjadi guru pembelajar. Sehingga anak-anak kita akan terinspirasi untuk hidup lebih baik dan wajah Indonesia akan mempesona di mata dunia, wajah yang memiliki kompetensi dan  karakter yang baik maka Insha Allah warna Indonesia di masa akan datang akan jauh lebih baik. Jangan berhenti untuk belajar, jangan menunggu untuk diajari dan jangan malu untuk menerima ilmu dari siapa saja. Semoga menginspirasi.
Oleh : Ema Astri M, S.Pd
Guru SD Negeri Sukamulya
Kota Tasikmalaya

Hey there, I'm EMA!

Bagikan artikel ini!

Komentar

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar